7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel, Secara Alami

7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel, Secara Alami
7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel, Secara Alami

Sebagian besar dari kita merasa lebih percaya diri dengan gigi yang lebih putih, mengingat noda dapat menjadi tanda kurang baiknya kesehatan mulut. Sebagai hasilnya, memutihkan gigi telah menjadi salah satu prosedur kosmetik gigi paling populer di dunia, dan ada beberapa produk pemutih gigi untuk di rumah yang tersedia di pasaran. Mari kita lihat beberapa cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami.

Penyebab Gigi Bisa Berubah Warna Kuning

Ada banyak faktor yang membuat gigi kuning membandel. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Usia
Seiring bertambahnya usia, warna gigi Anda sebenarnya akan cenderung semakin menguning. Pasalnya, lapisan enamel gigi yang berwarna putih akan menipis, sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning jadi kian terlihat. Hal ini diperparah jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Makanan dan Minuman Tertentu
Kopi, teh, minuman bersoda, wine, buah citrus, dan makanan tinggi gula dapat menyebabkan pudarnya warna alami gigi Anda. Kandungan zat warna (kromogen) dalam makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Tidak hanya itu, tingkat keasaman makanan juga dapat mempengaruhi warna gigi Anda menjadi kuning.

Perlu dipahami, gigi Anda memiliki pori-pori seperti kulit atau spons. Apa pun yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda dan memiliki warna, akan terserap ke dalam pori-pori gigi. Penelitian menyebutkan bahwa jika makanan atau minuman tertentu dapat meninggalkan bekas noda di baju, maka hal yang sama juga akan terjadi di gigi Anda.

2. Merokok
Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan kehitaman. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau akan menempel pada enamel gigi, membuat warna gigi alami Anda memudar.

3. Kebersihan Gigi yang Buruk
Jarang sikat gigi, flossing gigi, dan berkumur dengan antiseptik selain menumpuk plak juga dapat memunculkan noda di gigi. Hal inilah yang menjadi penyebab gigi kuning yang membandel

Penyakit Tertentu
Karies gigi atau gigi berlubang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Perawatan medis seperti radiasi kepala dan leher, serta kemoterapi juga dapat menyebabkan hal serupa.

4. Obat-obatan
Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin diketahui dapat merusak gigi ketika diberikan pada anak-anak yang giginya masih dalam tahap perkembangan. Menggunakan obat kumur yang mengandung klorheksidin dan cetylpyridinium klorida juga bisa meninggalkan noda pada gigi. Bahkan penggunaan obat antihistamin, obat antipsikotik, dan obat untuk tekanan darah tinggi diketahui juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

5. Mengalami Cedera
Kerusakan gigi akibat cedera dapat mengganggu pembentukan enamel gigi. Terutama jika hal ini dialami oleh anak-anak yang giginya masih dalam tahap perkembangan.

6. Terlalu Banyak Fluoride
Fluoride dibutuhkan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, namun penggunaan yang berlebihan juga tidak baik untuk Anda. Penggunaan fluoride secara berlebihan baik secara alami (air)  atau dari pasta gigi, gel fluoride, dan obat kumur dapat menyebabkan gigi kuning yang membandel.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel

Memiliki gigi putih bersih tentu menjadi impian banyak orang. Meski sering waktu gigi kita akan mengalami perubahan warna, namun Anda bisa membuatnya tetap putih berseri. Beberapa cara memutihkan gigi kuning yang membandel  di bawah ini tergolong mudah dan sederhana, sehingga bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan sederhana.

1. Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda ternyata bisa dipakai untuk memutihkan gigi kuning yang membandel. Fakta inilah yang membuat baking soda banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta gigi.

Siapkan wadah atau gunakan telapak tangan Anda sebagai wadah baking soda. Setelah itu, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan sikat gigi tadi ke wadah atau telapak tangan yang berisi baking soda. Anggaplah baking soda sebagai pasta gigi dan sikatlah gigi Anda sekitar 1 menit.

2. Baking Soda dan Stroberi

Perpaduan antara buah stroberi dan baking soda merupakan cara alami untuk memutihkan gigi. Anda dapat membuat pasta dari campuran kedua bahan tersebut. Caranya, haluskan buah stroberi terlebih dahulu, lalu campurkan dengan baking soda dan aduk hingga menjadi pasta. Oeskan pasta tersebut pada gigi dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, barulah sikat gigi Anda untuk menghilangkan sisa pasta tadi.

3. Jeruk Nipis Dengan Garam

Cara memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan memadukan jeruk nipis dan garam. Garam memiliki berbagai kegunaan bagi mulut, di antaranya dapat menghilangkan bau tak sedap, membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi, serta membuat gusi lebih sehat.

Cara memutihkan gigi menggunakan jeruk nipis dan garam adalah:
Campurkan perasan 1 butir jeruk nipis bersama 1 sdm garam, aduk hingga rata. Gosokkan campuran tersebut ke gigi sebanyak 2x sehari. Dengan perawatan yang rutin, gigi jadi lebih putih karena plak kian memudar.

4. Jeruk Nipis dan Baking Soda

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang dicampur dengan baking soda
Baking soda merupakan bahan yang dapat ditemukan dengan mudah, baking soda memiliki sifat basa sehingga dapat membersihkan gigi dari noda. Kamu dapat mencobanya sebagai cara memutihkan gigi. Caranya:
Siapkan baking soda 1/2 sdt kemudian campur dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis. Ratakan pada gigi dengan sikat gigi yang lembut lalu diamkan selama 1-2 menit lalu bilas.
Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Jangan terlalu sering menggunakan baking soda sebagai cara memutihkan gigi. Pasalnya kandungan baking soda dapat menyebabkan erosi pada lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

5. Jeruk Nipis, Kunyit dan Garam

Dalam jeruk nipis terdapat kandungan asam sitrat yang memiliki fungsi serupa dengan bleaching (pemutih). Berikut adalah cara untuk memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan kunyit dan garam.

Panggang kunyitnya terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah itu hancurkan sehingga menjadi bubuk halus, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata sampai terbentuk pasta bertekstur lembut. Aplikasikan ke gigi, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Lakukan cara ini dengan teratur untuk hasil yang optimal.

6. Jeruk Nipis dan Lemon

Selain dapat digunakan sebagai bahan minuman dan makanan, jeruk nipis dan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi kuning secara alami. Pasalnya, keduanya sama – sama mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan lemon:
Peras jeruk nipis dan lemon sampai masing – masing sebanyak satu sendok makan. Kemudian campur merata dan tambahkan sedikit garam, aduk. Gunakan sikat gigi yang ditaburi campuran ini untuk menyikat gigi, lalu kmur sampai bersih dengan air .

Kamu dapat melakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

7. Menggunakan Arang

Jika Anda ingin mencoba menggunakan  arang untuk memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami, Anda tinggal mencampurnya dengan air hingga menjadi pasta. Menggunakannya bisa dengan sikat gigi yang dibasahi air atau dengan jari saja.

Hati-hati dalam penggunaan arang bubuk karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan erosi atau terkikisnya lapisan enamel pada gigi.

Dalam penggunaannya jangan balurkan bubuk arang ke gigi dalam waktu yang lama. Lebih baik gunakan jari untuk menggosok agar mengurangi potensi abrasi pada gigi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba untuk memutihkan gigi dengan arang ini.

Gigi Tips Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel